Selamat Datang di Kawan Pajak.Com -> -> -> Solusi eFaktur, eSPT, eFiling, dan Informasi Pajak Terbaru -> -> -> Silahkan Like Fans Page FB dan Subscribe email untuk Update Info dari Kami

Implementasi dan Cara Update eFaktur Terbaru Versi 3.0


Apakah implementasi e-Faktur 3.0 per 1 Oktober 2020 wajib bagi seluruh PKP? Ya,
Bagi PKP yang saat ini masih menggunakan e-Faktur 2.2, per tanggal 1 Oktober 2020 wajib beralih ke e-Faktur 3.0.

Tidak ada Keputusan Direktur Jenderal Pajak baru yang diterbitkan kepada PKP. Kep yang berlaku adalah KEP-136/PJ/2014 tentang Penetapan Pengusaha Kena Pajak yang Diwajibkan Membuat Faktur Pajak Berbentuk Elektronik.

Sama Seperti Versi e-Faktur sebelum-sebelumnya, setiap ada perubahan atau update versi aplikasi e-Faktur, anda tidak dapat menggunakan aplikasi versi yang lama kembali. Aplikasi e-Faktur versi 2.2 rencananya akan ditutup pada Tanggal 5 Oktober 2020.
Bagi anda PKP BARU per 1 Oktober 2020, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bahwa Aplikasi e-Faktur 3.0 yang tersedia di https://efaktur.pajak.go.id/  merupakan Patch Update yang harus ditambahkan kepada aplikasi e-Faktur versi sebelumnya (dalam hal ini e-Faktur versi 2.2).
Dengan demikian, anda yang merupakan PKP baru dapat melakukan langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi e-Faktur versi 2.2 dan Patch Update Aplikasi e-Faktur 3.0
  2. Extract aplikasi e-Faktur versi 2.2
  3. Silahkan install/registrasikan  aplikasi e-Faktur versi 2.2 terlebih dahulu sebelum Patch Update Aplikasi e-Faktur 3.0
  4. Extract Patch Update Aplikasi e-Faktur 3.0
  5. Copy seluruh file (3 file) hasil extract Patch Update Aplikasi e-Faktur 3.0
  6. Paste file nomor (5) ke aplikasi e-Faktur versi 2.2
  7. Jalankan  aplikasi e-Faktur anda

Untuk PKP yang sudah menggunakan e-Faktur Versi sebelumnya (e-Faktur versi 2.2) hanya melakukan langkah no 5,6, dan 7. Patch Update yang saat ini sudah tersedia di laman resmi efaktur.pajak.go.id merupakan patch untuk PKP piloting yang berjumlah 825 WP yang telah ditetapkan DJP. Bagi anda PKP yang tidak ditunjuk jangan melakukan update patch eFaktur veersi 3.0 sebelum tanggal 1 Oktober 2020 karena dikhawatirkan akan merusak aplikasi e-Faktur anda.

 


 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Implementasi dan Cara Update eFaktur Terbaru Versi 3.0"

Post a Comment