Selamat Datang di Kawan Pajak.Com -> -> -> Solusi eFaktur, eSPT, eFiling, dan Informasi Pajak Terbaru -> -> -> Silahkan Like Fans Page FB dan Subscribe email untuk Update Info dari Kami

Solusi Mengatasi Error ETAX-60011, 50001, dan 60014

Apa kesan anda pada aplikasi efaktur? terutama bagi anda yang baru "bermain" dengan aplikasi ini? ruwet, rumit, dikit-dikit error.hahaha...yayaya yang namanya aplikasi pasti ada kendala man-teman.
Error ETAX dengan bermacam-macam kode nya merupakan makanan kita sehari- hari yang biasa menjalankan aplikasi efaktur. Error itu sendiri bisa diakibatkan oleh server di kantor pusat DJP atau bisa diakibatkan aplikasi efaktur anda yang ngadat karna PC lemot bahkan bisa juga muncul kode error karena internet anda bermasalah.

Kali ini saya akan share error efaktur dengan kode error yang tidak tanggung-tanggung, 3 kode sekaligus.hhheemmm...Baiklah kali ini saya akan membagikan trik and tips bagaimana menyelesaikan solusi untuk Error ETAX-60011, Etaxservice-50001, dan Etax-Api-60014 yang muncul kompak bareng-bareng sekaligus.


Dahulu sebelum versi 2.1 seperti sekarang ini input SSP tidak perlu di upload. Tetapi di aplikasi efaktur yang baru ini anda harus menginputkan NTPN pada bagian II dan wajib menguploadnya agar bisa membuat SPT. Apa itu NTPN? NTPN adalah Nomor Transaksi Penerimaan Negara. Semua WP yang bayar pajak di bank pasti akan menerima bukti pembayaran dimana pasti ada kode NTPN ini. NTPN inilah sumber utama dari masalah error ini. kok bisa? silahkan simak penjelasanya.

Dengan adanya aturan tersebut, bahwa WP wajib mengupload NTPN pada menu SSP maka :

  1. Pastikan NTPN yang anda input benar, biasanya 16 digit
  2. Teliti dengan baik numerik, alfabeta, dan huruf besar kecilnya. Harus sama persis seperti yang tertera di bukti pembayaran dari bank
  3. Teliti antara huruf "O" dan angka nol "0", jangan sampai tertukar
  4. Ini penting anda ketahui bahwa ketika anda menyetorkan pajak anda di Bank/Kantor Pos, maka sistem Bank/Kantor Pos akan mensinkronkan datanya dengan billing yang ada di kantor Pusat DJP.  Setalah anda melakukan pembayaran maka uang yang anda bayarkan akan di sinkronkan di bendahara pemerintah dalam hal ini ada di kementerian Keuangan (Dirjend Perbendaharaan negara) kemudian baru masuk ke server DJP di Jakarta. Proses diatan tidak bisa bim salabim 1 detik atau 1 menit terintegrasi. Semua itu butuh proses. Berapa lamanya saya kurang tau. Tapi untuk aman nya sekitar 30-60 menit. So, anda inputkan NTPN anda pada menu SSP tunggulah sekitar 30 menit setelah anda menerima bukti pembayaran tersebut.
  5. Kembali ke point 4, jika anda langsung input SSP sekalipun dengan NTPN yang benar begitu terima bukti pembayaran, niscaya anda akan mendapati error  Error ETAX-60011, Etaxservice-50001, dan Etax-Api-60014 seperti gambar diatas.
  6. Jika point 1 sampai 5 sudah anda lakukan dengan baik dan anda gagal upload berarti ada yang salah dengan server DJP, mungkin traffic crowded atau masalah ada di internet anda yang lemot.hahahaha... 
  7. Coba juga anda telp ke KPP terdaftar apakah pembayaran anda sudah masuk sistem DJP atau belum, nanti petugas pajak akan seacrh pembayaran anda by billing kode atau NTPN
Yahhh, begitulah kira-kira penjelasan saya mengenai error ETAX-60011 :Gagal Menyimpan SSP |
ETAXSERVICE-50001 : SSP tidak Valid  |  ETAX-API-60014 : NOT FOUND. 

Intinya setiap proses pastinya ada halangan dan rintangan, demikian pula dengan aplikasi efaktur. Setiap notifikasi yang muncul berarti indikasi ada yang tidak beres dengan aplikasi tersebut. Silahkan baca-baca kode error aplikasi efaktur di blog saya ini. Saya rangkum dari berbagai Wajib Pajak maupun kawan-kawan yang datang ke saya.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi Mengatasi Error ETAX-60011, 50001, dan 60014"

Post a Comment