Selamat Datang di Kawan Pajak.Com -> -> -> Solusi eFaktur, eSPT, eFiling, dan Informasi Pajak Terbaru -> -> -> Silahkan Like Fans Page FB dan Subscribe email untuk Update Info dari Kami

Solusi Mengatasi ETAX-50003: Tidak Dapat Membentuk SPT Error Generate SPT Header


e-Faktur adalah aplikasi yang sangat kita butuhkan sebagai PKP. Berfungsi sebagai alat untuk mengupload faktur pajak agar transaksi anda dibenarkan secara hukum. aplikasi ini pada dasarnya sangat fair dalam arti sebagai konsumen dan sebagai penjual anda tidak ada yang saling dirugikan dan transaksinya jelas sah secara hukum. Aplikasi ini bukan tanpa cacat atau kendala. Banyak sekali masalah yang sering kita temui di error efaktur ini. Dari yang ringan sampai yang sangat fatal.


Kali ini saya akan mengulas solusi untuk error efaktur dengan kode ETAX-50003 : Tidak Dapat Membentuk SPT Error Generate SPT Header. Error seperti pada gambar disamping. Error seperti gambar disamping biasanya muncul ketika kita akan melakukan posting SPT ataupun ketika kita akan melakukan Create CSV dan Cetak dokumen lampiran SPT.

Penyebab utama dari error diatas adalah rusaknya atau Currupt DB efaktur yang anda miliki. Error dan rusaknya DB eFaktur sangat beragam sekali sumber masalahnya. Bisa karena virus, malware ataupun hardware PC yang anda gunakan bermasalah. Misalnya PC yang sering anda gunakan untuk menjalankan aplikasi eFaktur restart berkali-kali, hal ini akan membuat DB yang ada di efaktur menjadi rusak dan menjadi penyebab dari error ETAX-50003.

Lalu bagaimana Solusinya? Silahkan anda pergi ke folder backup di dalam aplikasi efaktur anda. Harusnya dan normalnya setiap kali anda menjalankan efaktur , aplikasi ini akan membackup otomatis DB yang anda miliki kedalam folder Backup. Lihatlah tanggal modifikasinya atau Date Modified. Cari dan ingat-ingat tanggal terakhir anda bisa melakukan posting SPT atau create CSV yang menyebabkan munculnya error ETAX-50003.  Lihat gambar dibawah!
  • Jika sudah ingat,copy lah backup DB efaktur anda yang berbentuk .RAR itu ke tempat lain, 
  • Kemudian ekstraklah data tersebut, 
  • Setelah anda ektrak akan muncul folder db, didalam folder db itu ada folder namanya Etaxinvoice. 
  • Nah folder itu adalah database yang akan anda gunakan.
  • Copy folder Etaxinvoice ke dalam folder DB di aplikasi efaktur anda, sebelum dipastekan pastikan DB lama sudah dipindahkan ke tempat lain(Bisa ke FD atau Hardisk).
  • Setah anda pastekan folder Etaxinvoice yang baru tersebut silahkan anda download patch EtaxinvoiceMain.Exe Disini (32-bit)  dan Disini(64-bit) 
  • Setelah download selesai, silahkan copy and replace kan file tersebut ke dalam aplikasi efaktur anda.
  • Setelah itu silahkan jalankan EtaxinvoiceMain.Exe tersebut.
  • Setelah itu ilahkan anda jalankan aplikasi efaktur anda seperti biasanya dengan menjalankan file Etaxinvoice.Exe.
  • coba anda poting SPT atau create CSV apakah masih muncul error ETAX-50003 atau tidak.
  • Jika sudah Normal aplikasinya silahkan anda lihat data faktur anda, yaitu PK dan PM serta dokumen Retur. 
  • Jika ada beberapa data yang hilang silahkan anda ekspor dari db lama kemudian imporkan ke db yang baru ini, karena seterusnya anda akan menggunakan db yang baru ini.

  • Jika anda sudah melakukan ekspor impor tetapi data tidak bisa masuk, silahkan bawa aplikasi efaktur anda ke KPP terdaftar untuk meminta bantuan kepada AR pelayanan anda. AR pelayanan telah dibekali ilmu untuk menyelesaikan masalah seperti ini. Biasanya sama AR akan diarahkan untuk melakukan permintaan data faktur ke KPP atas faktur yang gagal impor tersebut. Silahkan Baca : Tata Cara Permintaan Data eFaktur di KPP

Demikianlah yang bisa saya sampaikan semoga dapat membantu kawanpajak semuanya. Jika ada pertanyaan atau saran dan kritik silahkan isikan di kolom komentar.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi Mengatasi ETAX-50003: Tidak Dapat Membentuk SPT Error Generate SPT Header"

Post a Comment