Selamat Datang di Kawan Pajak.Com -> -> -> Solusi eFaktur, eSPT, eFiling, dan Informasi Pajak Terbaru -> -> -> Silahkan Like Fans Page FB dan Subscribe email untuk Update Info dari Kami

Solusi ETAX-50003: Tidak dapat membentuk SPT atas Lebih Bayar SPT Masa PPN

Tidak-dapat-membentuk-SPT

Error Sperti gambar diatas merupakan kode error yang sering kita temui pada aplikasi efaktur terbaru yaitu Versi 2.1. Pada Aplikasi ini memang jika ada kelebihan pembayaran yang terjadi pada SPT masa PPN wajib melakukan centang pada bagian II yaitu bagian Perhitungan PPN kurang bayar/Lebih Bayar. Perhatikan gambar dibawah ini!!!

Tidak-dapat-membentuk-SPT


Setelah anda mendapati notifikasi error ETAX-50003, langsung saja anda menuhu ke bagian II dari induk SPT masa PPN. Di bagian II ini merupakan keterangan atas LB tersebut. Silahkan perhatikan tulisan yang berada di kotak Merah tersebut. Silahkan anda Centang Sesuai kondisi SPT Masa PPN anda.

Setelah semuanya dicentang sesuai dengan kondisi sebenarnya, langsung saja anda menuju bagian VI untuk melakukan penyimpanan SPT induk anda dan selesai.


#Bagaimana Jika SPT Masa PPN normal status Lebih Bayar dan SPT Masa PPN Pembetulan MenjadiKurang Bayar


Jika SPT anda dalam kondisi seperti diatas silahkan anda bayar atas kekurangan PPN sesuai dengan keadaan sebenarnya. kenapa harus dibayar?Karena atas lebih bayar yang anda dapatkan di SPT normal sudah dikompensasikan ke masa pajak berikutnya jadi logikanya jika anda melakukan pembetulan dan menyebabkan status SPT menjadi Kurang bayar maka itu merupakan utang yang harus anda bayarkan.

Sebagai contoh pada SPT normal statusnya Lebih Bayar Rp866.685 kemudian anda melakukan pembetulan SPT dan status SPT pembetulan anda ternyata berubah menjadi Rp3.227.911 . Berarti atas SPT pembetulan tersebut anda harus membayarkan kepada negara sebesar Rp866.685 + Rp3.227.911 = Rp 4.094.596

Setelah anda bayarkan ke Bank dan mendapatkan NTPN nya silahkan anda input SSP anda ke dalam kolom SSP tersebut dan Upload. Setelah itu silahkan anda ke bagian VI dan Selesai.


Tidak-dapat-membentuk-SPT


Demikian info yang dapat saya bagikan kali ini, untuk info update nya silahkan klik ikuti di Fans page KawanPajak.com atau anda bisa kirim ke email saya jika ada kesulitan.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi ETAX-50003: Tidak dapat membentuk SPT atas Lebih Bayar SPT Masa PPN"

Post a Comment