Selamat Datang di Kawan Pajak.Com -> -> -> Solusi eFaktur, eSPT, eFiling, dan Informasi Pajak Terbaru -> -> -> Silahkan Like Fans Page FB dan Subscribe email untuk Update Info dari Kami

Error ETAX-22002: Nomor pengganti sudah ada atau nomor faktur yang akan diganti belum diupload

Error ETAX-22002: Nomor pengganti sudah ada atau nomor faktur yang akan diganti belum diupload
ETAX-22002

Kemarin siang ketika ada kawan yang baru melakukan update aplikasi efaktur versi terbaru mengalami kendala dan bertanya ke saya:
Barusan saya mau menginput faktur pajak masukan pengganti ,tapi muncul etax-22002: nomor pengganti sudah ada atau nomor faktur yang akan diganti belum diupload. Padahal faktur penggantinya sudah diupload oleh penjual, juga faktur normalnya sudah saya upload dahulu di db lama. ini terjadi di e-faktur 2.1, kenapa kira-kira ya?

Ketika anda akan menginput nomor faktur Pajak Masukan tetapi muncul gambar notifikasi Error "ETAX-22002: Nomor pengganti sudah ada atau nomor Faktur yang akan diganti belum diupload" . Error seperti diatas kemungkinan terjadi memang sangat sering, terutama bagi anda yang sering melakukan ekspor impor data efaktur.
Penyebab error ETAX-22002: Nomor pengganti sudah ada atau nomor Faktur yang akan diganti belum diupload yaitu
  1. karena ada faktur pajak masukan normal yang anda input dan belum anda upload, kemudian anda mengimpor faktur pajak masukan penggantinya. Jelas tidak bisa dan ga bisa disimpan 
  2. atau anda pernah upload faktur pajak masukan normal di db lain, kemudian anda menerima faktur pajak masukan pengganti, karena anda tidak tahu maka anda input faktur pajak masukan normal selanjutnya anda input juga faktur pajak masukan pengganti. hahahaha....Hal inilah yang akan memunculkan error pasti.
Solusinya, Jika anda menerima faktur pajak pengganti dan faktur pajak normal nya belum anda upload atau sudah diupload tapi di database lain, silahkan anda langsung inputkan saja faktur pajak pengganti tersebut tanpa menginput/mengimpor lagi pajak masukan normalnya , kemudian  simpan dan Upload.

Sekian penjelasan dari saya mengenai ETAX-22002. Semoga bermanfaat dan membantu anda. Silahkan like Fans page FB kawanpajak.com atau subscribe google+ saya untuk update informasi.











Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Error ETAX-22002: Nomor pengganti sudah ada atau nomor faktur yang akan diganti belum diupload"

Post a Comment