Selamat Datang di Kawan Pajak.Com -> -> -> Solusi eFaktur, eSPT, eFiling, dan Informasi Pajak Terbaru -> -> -> Silahkan Like Fans Page FB dan Subscribe email untuk Update Info dari Kami

Solusi Update Database E-Faktur Versi 2.1 terbaru Gagal

UANG_MUKA_PPN alredy exists in Table
    Anda baru saja melakukan update efaktur dari versi 2.0 ke versi 2.1 tetapi mengalami kendala ketika akan melakukan login? Biasa hal ini terjadi ketika akan login ke aplikasi efaktur yang baru diupdate atau diinstall pada aplikasi efaktur 2.1 kemudian muncul notifikasi error seperti gambar disamping yaitu Column 'UANG_MUKA_PPN' alredy exists in Table/View "ETAX"."FAKTUR"  biasanya akan diikuti error ETAX-10001: error database atau juga muncul notif  General Error, hubungi call center e-Faktur
error-database-efaktur

update-database-efaktur-gagal          Munculnya notifiksi error seperti gambar dismping disebabkan oleh gagalnya atau tidak sempurnanya pembentukan DB ketika anda melakukan update atau registrasi. Dalam Update aplikasi efaktur sudah saya katakan d artikel sebelumnya bahwa hal paling penting adalah mem-backup database terbaru milik anda sehingga jika mengalami kegagalan masih mempunyai backup.
          Baiklah sebelumnya silahkan anda download aplikasi efaktur terbaru versi 2.1 DISINI. Aplikasi e-Faktur yang saya bagikan itu sudah siap pakai, artinya anda tinggal download aplikasi efaktur tersebut dan gantikan database-nya dengan database yang anda miliki.

          Berikut langkah-langkah mengatasi Error Column 'UANG_MUKA_PPN' alredy exists in Table/View "ETAX"."FAKTUR" dan juga muncul notif  General Error, hubungi call center e-Faktur :

#Bagi PKP Yang Baru Registrasi eFaktur di Versi 2.1

          Bagi PKP yang baru saja registrasi aplikasi efaktur langsung di 2.1 ada hal yang perlu diperhatikan, jika anda langsung registrasi dengan db bawaan yang ada di aplikasi efaktur versi 2.1 maka besar kemungkinan akan muncul notifikasi Error Column 'UANG_MUKA_PPN' alredy exists in Table/View "ETAX"."FAKTUR" dan juga muncul notif  General Error, hubungi call center e-Faktur.  

          Bagaimana Solusinya?
  1. Silahkan anda Reset ulang aplikasi eFaktur anda(Begini cara reset ulang eFaktur).
  2. Kemudian anda hapus database di apliksi efaktur yang anda reset tadi.
  3. Download database kosongan Disini
  4. Taruh database kosongan tadi ke dalam folder db di aplikasi efaktur anda
  5. Silahkan anda jalankan aplikasi efaktur anda untuk melakukan registrasi.

#Bagi PKP yang Sudah Registrasi dari lama yang Ingin Update dari versi 2.0 ke 2.1
         
         Error seperti gambar tersebut jarang terjadi bagi WP yang memiliki Database sedikit, jika database nya banyak(biasanya split tiap bulan) akan mengalami kendala seperti gambar diatas. Bagaimana solusinya?Silahkan anda Copykan database di tahun ini saja, artinya yang tahun 208 kebawah di cut di penyimpanan lain. Jika nantinya ada pembetulan atau ada FP pengganti silahkan ambil Ddatabase yang diperlukan saja. Perlu anda ketahui bahwa semakin banyak anda membuat folder database maka semakin berat kerja aplikasi ketika dijalankan (biasanya terlihat ketika login sangat lama). Baiklah anda bisa coba cara dibawah ini :

  1. Download aplikasi efaktur Terbaru Disini ,
  2. Masukan database efaktur anda dari versi sebelumnya ke folder db di aplikasi efaktur baru, sekedar saran saja copy aja untuk tahun berjalan aja jika database di split menjadi banyak folder.
  3. Jalankan Etaxinvoice.exe
  4. Jika ketika dijalankan masih muncul error, silahkan anda close aplikasi efaktur dan hapus database yang ada di dalam folder db (lihat gambar bawah) 
  5. Setelah dihapus silahkan masukkan database kosongan dari versi lama sebagai pancingan agar proses update berhasil. Database kosong bisa anda download disini,
  6. Setelah itu silahkan anda jalankan etaxinvoiceUpd.exe,
  7. Selanjutnya silahkan anda jalanan aplikasi eFaktur anda. Jika berhasil dijalankan dan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini, silahkan anda close aplikasi efaktur anda.
    update-database-efaktur-gagal
  8. Kemudian gantikan database yang ada dengan Database anda sesungguhnya tadi dan jalankan kembali eFaktur nya
  9. Jika setelah  langkah ke 8 masih keluar error, maka silahkan anda download EtaxinvoiceMain.exe 32-bit Disini dan 64-bit Disini , kemudian copy pastekan kan ke dalam folder aplikasi eFaktur (di Replace saja file sebelumnya) dan jalankan EtaxinvoiceMain.exe tersebut.
  10. Jika masih error silahkan reset ulang aplikasi efaktur anda. (Cara reset ulang e-Faktur).
          Seharusnya sampai langkah ini aplikasi efaktur anda sudah berhasil update menjadi versi 2.1 .
Jika sampai lankah ini tidak berhasil, silahkan telp ke KPP anda terdaftar minta batuan kepada AR anda. Jangan lupa subscribe akun FB kawanpajak.com untuk info terbaru tentang solusi seputar aplikasi pajak. Silahkan kirim permasalahan anda lewat email saya beserta screenshot-nya, jika ada waktu pasti saya bantu.






      Subscribe to receive free email updates:

      6 Responses to "Solusi Update Database E-Faktur Versi 2.1 terbaru Gagal"

      1. This comment has been removed by the author.

        ReplyDelete
      2. Terima kasih sekali mas. Saya 3 hari berkutat dengan ETAX-10001 ternyata ETaxInvoice nya yang rese. Baru bener dari file nya mas.

        ReplyDelete
      3. Aapakah setelah reset aplikasi, data data yang ada sebelumnya akan hilang atau kita tdk bisa menginput kembali ? krn permasalahan sebelumnya, aplikasi selalu eror dan dan aplikasi sebelumnya versi 2.0 download di laptop dan sudah di pakai utk nama perusahaan lain dengan menggunakan npwp perusahaan tersebut, nah sekarang kondisi nya, saya mau download yang versi 2.1 di PC/komputer windows xp 32 bit, dan sudah berjalan sampaii akhir proses install, stlh masukan captcha dan pass e-nofa, kemudian klik register, pesan yang muncul selalu eror, bagaimana solusi nya, spy saya bisa instal aplikasi e-faktur versi 2.1 di pc/komputer windows 32 bit, dengan menggunakan pkp yang lama (versi 2.0). sementara data db di komputer tersebut yang lama sewaktu versi 2.0 tdk ada, ini akan mendownload yang versi terbaru 2.1, tks

        ReplyDelete
      4. mas klo efaktur di reset, data pajak keluarannya bisa balik ga??

        ReplyDelete