Selamat Datang di Kawan Pajak.Com -> -> -> Solusi eFaktur, eSPT, eFiling, dan Informasi Pajak Terbaru -> -> -> Silahkan Like Fans Page FB dan Subscribe email untuk Update Info dari Kami

Mengatasi tidak bisa buat CSV PPh Badan


Ketika akhir april menjelang di setiap tahunya maka bagi anda yang memiliki kewajiban melaporkan SPT Tahunan Badan akan disibukan dengan membuat SPT Tahunan badan bagi perusahaan anda. Namun aplikasi E-SPT Tahunan badan sudah sangat lama tidak ada update lagi sehingga terkadang akan mengalami error saat mencetak ataupun membuat CSV.

Aplikasi e-SPT tahunan badan terdiri dari 2 versi yaitu versi 2009 (v1.0) dan versi 2010 (v1.2). berikut perbedaan tampilan nya:
buat-csv-pph-tahunan
Aplikasi e-SPT tahunan versi 2009(v 1.0)

gagal-buat-csv-pph-tahunan
Aplikasi e-SPT Tahunan versi 2010(v 1.2)

Untuk anda yang belum menginstall aplikasi e-SPT tahunan badan saya sarankan install dua-duanya tetapi hanya versi 2010 saja yang dipakai karena versi 2009 sering mengalami error ketika create CSV dan pengisian Transkrip laporan elemen-elemen keuangan.

Berikut beberapa error saat buat CSV di aplikasi e-SPT Tahunan Badan:

gagal-buat-csv-pph-tahunan
Error ActiveX component can't create object


gagal-buat-csv-pph-tahunan
Error The encryption secret has not been properly initialized 

gagal-buat-csv-pph-tahunan
Error Object variable or With block variable not set

Jika anda mengalami error ketika akan membuat CSV di aplikasi eSPT tahunan badan seperti salah satu gambar diatas, anda bisa melakukan tips dari saya :
  • Hal ini juga bisa disebabkan karena anda menyimpan lokasi file CSV yang akan di create terlalu dalam(terlalu masuk ke subfolder),  jadi simpanlah file CSV di disk C atau D atau E saja
  • Jika masih gagal, turunkanlah security PC anda. matikan firewall PC anda dan turunkan sekurii User Account Control
    gagal-buat-csv-pph-tahunan


  • Jika masih gagal, instal ulang aplikasi eSPT tahunan badan anda dengan aplikasi yang bisa anda download DISINI, sebelumnya backup dulu Database nya. Di dalam installer tersebut terdapat tata cara instalasinya. Setelah Berhasil diinstall ulang silahkan masukkan kembali DB anda dan coba kembali create CSV nya dengan aplikasi versi sesuai DB anda.
  • Jika msih Tidak Bisa, bukalah DB versi 2009 anda dengan aplikasi  versi 2010. tinggal buka saja dengan aplikasi versi 2010 ketika pilih DB pilihlah nama DB anda. Lihat gambar!!
gagal-buat-csv-pph-tahunan

Demikianlah tips Untuk mengatasi tidak bisa buat CSV di aplikasi e-SPT Tahunan Badan. Jika masih mengalami kesulitan silahkan kirimkan saja permasalahan lewat email saya, dengan senang hati saya akan membantu jika sedang tidak banyak kerjaan.hehehee...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi tidak bisa buat CSV PPh Badan"

Post a Comment