Selamat Datang di Kawan Pajak.Com -> -> -> Solusi eFaktur, eSPT, eFiling, dan Informasi Pajak Terbaru -> -> -> Silahkan Like Fans Page FB dan Subscribe email untuk Update Info dari Kami

Solusi Error ETAX-60011: SSP sudah pernah diupload ketika Posting SPT pembetulan di Efaktur


Anda sedang melakukan pembetulan SPT masa PPN 1111 di aplikasi efaktur dan tiba-riba ketika melakukan posting SPT pembetulan tersebut muncul  Error ETAX-60011: SSP sudah pernah diupload? Jangan panik dan tidak usah khawatir karena error tersebut memang akan muncul jika anda melakukan pembetulan SPT masa PPN 1111 yang menjadikan status SPT anda menjadi Lebih Bayar.

Kemarin ada beberapa kawan pajak yang menceritakan tentang error ETAX-6011 ini ke saya ketika akan Posting SPT pembeulan tersebut. Kemudian saya bertanya apakah sebelumnya status SPT masa PPN 1111 normal nya Kurang Bayar? ternyata memang benar status SPT normal yang Kawan Pajak laporkan berstatus Kurang Bayar, dan di SPT pembetulan nya menjadi Lebih Bayar.
Jadi SPT yang Kawan Pajak tadi ceritakan, pada SPT Masa PPN 1111 normal status SPT nya Kurang Bayar dengan nilai Rp272.000.000 dan pada SPT Masa PPN pembetulan-1 status SPT nya menjadi  Lebih Bayar RP34.000.000. Lebih Bayar yang terjadi karena ternyata ada faktur pajak yang diretur sehingga mengurangi pajak keluarannya.

Gambar Error ketika posting SPT PPN

Apabila anda mengalami hal seperti ini, muncul notifikasi error ETAX-60011 pada saat akan posting SPT masa PPN pembetulan, silahkan lanjutkan saja posting SPT anda setelah selesai posting walaupun muncul notifikasi Error ETAX silahkan anda masuk ke daftar SPT yang telah anda upload. Jika di daftar ada SPT pembetulan yang telah anda posting tadi silahkan klik ubah SPT agar bisa lihat ke induk dan teruskan pengisian induk SPT masa PPN seperti biasanya.


gambar Induk SPT yang menjadi LB ketika dilakukan Pembetulan
Jadi error ETAX-60011 yang muncul ketika posting SPT pembetulan tadi hanya  notifikasi yang memberitahukan bahwa SSP yang ada di dalam SPT sudah pernah anda upload pada SPT normal, selain itu juga karena status SPT yang anda laporkan di pembetulan berubah status dari kurang bayar menjadi lebih bayar. Jika SPT pembetulannya menjadikan kurang bayarnya lebih besar maka notifikasi error saat posting SPT PPN di aplikas efaktur seperti ini tidak akan muncul.

Selama SPT bisa anda cetak lampirannya dan bisa anda save CSV nya untuk  dilaporkan maka tidak menjadi  masalah. Jangan khawatir dan tidak perlu panik karena sistem penerimaan SPT oleh DJP yang mana SPT masa PPN 1111 mulai 1 April 2018 harus dilaporkan melalui e-Filing bisa menerimanya. Jika anda mengalami kesulitan mengenai efaktur dan espr silahkan search saja masalah anda dengan kata kunci kode error di kolom search pada bagian kanan atas blog ini.



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Solusi Error ETAX-60011: SSP sudah pernah diupload ketika Posting SPT pembetulan di Efaktur"

  1. Selamat Siang.

    Saya mengalami masalah ini juga. Memang benar karna pembetulan saya dari kurang bayar menjadi lebih bayar. Tapi masalahnya, proses posting tidak berjalan sehingga tidak terbentuk lah SPT pembetulan nya. Bagaimana solusinya agar proses postingnya dapat berjalan? Setelah warning itu muncul, saya hanya klik OK tetapi proses postingnya tidak berjalan. MOhon bantuannya. Terimakasih.

    ReplyDelete