Selamat Datang di Kawan Pajak.Com -> -> -> Solusi eFaktur, eSPT, eFiling, dan Informasi Pajak Terbaru -> -> -> Silahkan Like Fans Page FB dan Subscribe email untuk Update Info dari Kami

Daftar Error Tidak Bisa Lapor E-Filing : Konfirmasi status NPWP anda

Melaporkan SPT merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh wajib pajak. Kali ini saya akan menuliskan tentang pengalaman jika anda mengalami kesulitan ketika melaporkan SPT anda melalui e-filing. Memang sangat banyak hal yang bisa menyebabkan aplikasi DJP online mengalami error.

Penyampaian SPT ke KPP untuk PPh 21 dan PPN harus dilakukan melalui e-filing hal ini ditegaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan  No. 9/PMK.03/2018 tentang Surat Pemberitahuan. Melalui April Tahun ini kewajiban melakukan penyampaian SPT masa PPN dan PPh 21 harus dilakukan melalui e-filing. Tapi bagaimana jika dalam pelaksanaanya anda mengalami problem?anda tidak perlu khawatir karena disini saya juga akan share error log dan troubleshoting DJPonline yang didalamnya termasuk e-filing.
Baca Juga:Daftar Error ETAX
E-filng bisa dilakukan melalui laman DJPOnline.pajak.go.id  atau juga bisa dilakukan melalui alamat ASP berbayar yang telah ditunjuk sebagai pihak ketiga sebagai provider. Dalam hal penyampaian SPT masa PPN dan PPh 21 melalui e-filing tentunya ada beberapa masalah. Seperti contoh gambar dibawah ini muncul notifikasi "Silahkan hubungi AR KPP terdaftar untuk konfirmasi status NPWP anda"

error-lapor-efiling
notifikasi ketika upload csv di e-filing
Gambar diatas adalah salah satu contoh error ketika melakukan penyampaian SPT melalui e-filing. Notifikasi "silahkan hubungi account representative KPP terdaftar untuk konfirmasi status NPWP anda" diatas terjadi karena beberapa hal diantaranya :
  1. Kemungkinan besar karena WP berstatus DPO di KPP, kenapa bisa DPO?banyak hal yang menyebabkan DPO ,seperti tidak ditemukanya alamat WP ketika dilakukan visit. Status DPO bisa dilakukan oleh JSPN, AR,atau Pemeriksa tentunya dengan pertimbangan sesuai prosedur. Silahkan hubungi AR atau bagian IT KPP terdaftar anda agar mencabut status DPO.
  2. Bisa jadi status NPWP anda NE, tapi seharusnya secara normal hal ini tidak jadi masalah. Karena jika WP NE melakukuan penyampaian SPT di TPT kantor pelayanan pajak maka status menjadi otomatis aktif.
Contoh diatas adalah salah satu cara mengatasi error ketika anda melakukan penyampaian SPT melalui e-filing atau DJPonline. Untuk error log DJPonline atau e-filing silahkan download Daftar Error Code DJP online dan cara mengatasinya





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Error Tidak Bisa Lapor E-Filing : Konfirmasi status NPWP anda"

Post a Comment