Selamat Datang di Kawan Pajak.Com -> -> -> Solusi eFaktur, eSPT, eFiling, dan Informasi Pajak Terbaru -> -> -> Silahkan Like Fans Page FB dan Subscribe email untuk Update Info dari Kami

Daftar Error eFaktur ETAX-40002 : Error di Service dan Tips Mengatasinya


             Kemarin lusa saya didatangi seorang kawan. Dia menceritakan kepada saya bahwa dia baru saja melakukan reset aplikasi efaktur dekstop. Kemudian ketika dia akan membuka aplikasi efaktur yang baru saja ia reset ada perintah disuruh mengimporkan sertifikat digital, tetapi ketika dia melakukan impor dan memasukan passphrase nya muncul error ETAX-40002 : Error di Service tidak dapat melakukan koneksi dengan server.

error etax-40002:Error di Service
        
            Hal ini bisa disebabkan oleh bebarapa kemungkinan. Ada 2 kemungkinan jika anda melakukan impor sertifikat digital dan muncul notifikasi seperti diatas, berikut kemungkinan penyebab error tersebut beserta solusinya :
  1. Sertifikat yang anda gunakan error. Serdig bisa saja error atau rusak dikarenakan adanya virus atau malware. Terkadang komputer yang anda gunakan akan terkena threat dari pihak luar berupa virus atau malware karena anda melakukan aktivitas memindahkan/ memasukan data dari komputer anda ke tempat lain atau sebaliknya.
  2. Passphrase anda salah. Pastikan passphrase yang anda masukan benar. Ingat-ingat betul huruf kecil dan besarnya, karena passphrase ini bersifat case sensitive.
  3. Sertifikat yang anda gunakan telah expired. JIka penyebab error tersebut bukan di nomor 1 atau nomor 2 saya pastikan error ETAX-40002 yang anda alami diakibatkan karena sertifikat digital expired. Silahkan download ulang sertifikat digital terbaru anda di efaktur.pajak.go.id.
           Itulah beberapa penyebab dan solusi dari Error efaktur ETAX-40002 yang bisa saya jelaskan. Kebetulan kawan saya yang kemarin datang itu ternyata sertifikat digitalnya expired, jadi gampang deh tinggal download ulang saja serdig nya. Sebagai tambahan, jangan menyimpan sertifikat digitaldalam folder yang sama dengan aplikasi efaktur. Buatlah subfolder lain khusus untuk sertifikat digital agar tidak bercampur dengan folder aplikasi efaktur.


          Lihatlah gambar diatas. Sertifikat digital diletakan di folder terpisah dengan aplikasi efaktur, serifikat digital ditaruh di folder serdig, sedangkan  Aplikasi efaktur di letakan di folder EFaktur_Windows_32bit. Kedua folder itu dimasukan/terletak di folder Utama yaitu folder UPDATE_32bit v2.0

Kenapa Sertifikat digital dipisah dengan folder aplikasi efaktur?

          Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk melakukan atau membuat folder teroisah antara sertifikat digital dan aplikasi efaktur, tetapi berdasarkan pengalaman saya lebih baik dipisahkan karena jika tidak dipisahkan bisa menyebabkan crash aplikasi anda yang bisa menyebabkan error tertentu ketika akan mengoneksikan efaktur client anda dengan server DJP.
Hal apa lagi yang perlu diperhatikan agar aplikasi efaktur anda terhindar dari crash dan corrupt?

          Selain pemisahan folder serdig tidak bercampur dengan aplikasi efaktur langsung, hal ini juga dapat anda lakukan agar aplikasi efaktur anda bisa berjalan sempurna dan tidak corrupt. Lihat gambar dibawah ini!!



           Dalam gambar diatas lihatlah file *.txt yang terdapat di dalam kotak merah. Hapuslah file seperti diatas secara rutin jika di aplikasi eFaktur anda terdapat file semacam itu.

   




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Error eFaktur ETAX-40002 : Error di Service dan Tips Mengatasinya"

Post a Comment